Home > News > 3 Alasan Mengapa Anda Harus Upgrade ke Wi-Fi 6 Sekarang Juga

3 Alasan Mengapa Anda Harus Upgrade ke Wi-Fi 6 Sekarang Juga

Indonesia termasuk sebagai salah satu negara dengan penetrasi internet yang cukup agresif. Berdasarkan laporan survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), penetrasi internet di Indonesia pada 2019 menyentuh 73,7 persen, yang berasal lebih dari 250 juta populasi penduduk. Jumlah penetrasi ini meningkat 8,9 persen dari 2018 yang sebelumnya berkisar di 64,8 persen.

Meski penetrasi internet di Indonesia tinggi, bukan berarti kualitas jaringan internet bisa dibilang sempurna. Pada beberapa daerah di Indonesia, terlebih di wilayah padat penduduk, jaringan internet yang tersebar masih berkualitas rendah, khususnya akses internet berbasis jaringan Wi-Fi. Padahal, kebutuhan akan akses internet setiap harinya semakin bertambah.

Apa Itu Wi-Fi 6?

Adapun salah satu solusi yang bisa dimanfaatkan pengguna internet adalah memperbarui  jaringan Wi-Fi dengan versi terbaru, yakni Wi-Fi 6 (802.11ax). Wi-Fi 6 adalah generasi Wi-Fi paling anyar untuk mengoptimalkan kapasitas jaringan dan kinerja jaringan Wi-Fi, baik implementasinya di lingkungan kantor, rumah, sekolah, dan tempat lain yang populasinya padat.

Menurut riset IDC, Wi-Fi 6 juga digadang-gadang akan menjadi masa depan Wi-Fi, karena mereka memprediksi versi teranyar ini akan menjadi standar Wi-Fi terbaru yang akan digunakan banyak bisnis mulai awal tahun ini.

Wi-Fi 6 sendiri menjadi teknologi yang mampu meningkatkan kecepatan Wi-Fi menjadi lebih stabil, sehingga pengakses akan mendapatkan konten dengan cepat, seperti mengakses situs web tanpa delaystreaming tanpa buffering, proses download dan upload yang lebih cepat, serta 'mengkomunikasikan' antar perangkat smart home tanpa harus mengorbankan koneksi internet. Wi-Fi 6 juga diklaim mampu meningkatkan rata-rata akses internet setiap penggunanya empat kali lebih cepat saat mereka berada di tempat yang ramai.

3 Alasan Mengapa Anda Harus Upgrade ke Wi-Fi 6

Semisal Anda mengalami kendala yang disebutkan di atas, upgrade ke Wi-Fi 6 bisa menjadi solusi ideal untuk Anda yang semakin sulit mengakses internet di wilayah ramai. Berikut sejumlah alasan mengapa Wi-Fi 6 sangat ideal untuk digunakan.

Memungkinkan Penggunaan Beberapa Perangkat

Wi-Fi 6 memiliki performa jaringan terbaik yang dirancang setingkat di atas teknologi Wi-Fi 5 (802.11ac) dan menggunakan Orthogonal Frequency Division Multiple Access (OFDMA) untuk mengefisiensikan jaringan secara menyeluruh dan memungkinkan penggunaan sejumlah perangkat--termasuk perangkat smart home dalam kebutuhan Internet of Things (IoT)--dengan berbagai kebutuhan bandwidth yang berbeda.

Kecepatan Lebih Stabil

Lebih lanjut, Wi-Fi 6 mampu meningkatkan jumlah stream dalam skala tertinggi, di mana membawa jumlah stream hingga 12 stream di seluruh band 2,4 dan 5 GHz. Kenaikan jumlah stream tersebut akan memacu kecepatan koneksi yang lebih maksimal dan memungkinkan opsi beberapa jalur yang digunakan perangkat untuk bisa 'berkomunikasi' dengan router Wi-Fi milik Anda.

Ideal untuk Smart Home

Wi-Fi 6 dirancang sedemikian rupa untuk bisa memenuhi kebutuhan perangkat IoT yang sejatinya digunakan pada konsep smart home. Dengan demikian, akses koneksi antar perangkat smart home seperti mematikan atau menghidupkan switch dan perangkat IoT lainnya tak akan terkendala delay sama sekali. Selain itu, Wi-Fi 6 juga mampu memungkinkan kebutuhan streaming video dengan resolusi tinggi 4K dan 8K. Kemampuan ini, menariknya justru mengurangi konsumsi daya yang digunakan.

Saatnya Level Up ke Wi-Fi 6 dengan Ruckus

Dengan mengetahui informasi penting terkait pentingnya menggunakan Wi-Fi 6 untuk kualitas jaringan yang lebih baik, ini menjadi saat yang tepat bagi Anda untuk upgrade ke Wi-Fi 6 bersama Ruckus. Dapatkan access point Wi-Fi 6 Ruckus untuk memenuhi kebutuhan jaringan milik Anda. Simak lini perangkatnya berikut ini.

Zoneflex R550

Access point indoor Wi-Fi 6 2x2:2 high performance dengan kecepatan 1.8Gbps HE80/40 dan IoT yang disematkan. (?)

Zoneflex R650

Access point indoor Wi-Fi 6 (802.11ax) 4x4:4 dengan backhaul 2.5Gbps dan 6 spatial streams.

Zoneflex R750

Access point indoor 802.11ax untuk lingkungan yang ramai.

Zoneflex R850

Access point indoor Wi-Fi 8x8:8 ultra-high performance dengan kecepatan 5.9 Gbps HE80/40 dan IoT yang disematkan.

Zoneflex T750

Access point outdoor dual band 11ax 4x4:4.

Zoneflex T750SE

Access point outdoor dualband 11ax 4x4:4 untuk area outdoor yang luas.

Dapatkan Ruckus dari VTI

Anda bisa mendapatkan solusi access point Wi-Fi 6 Ruckus dari Virtus Technology Indonesia (VTI). Sebagai mitra resmi Ruckus, VTI memiliki teknisi profesional dan berpengalaman yang akan membantu implementasi produk dan solusi IT Anda dengan tepat serta menghindari kemungkinan trial dan error.

Tim VTI juga akan senantiasa membantu Anda dalam mengatasi masalah teknis yang mungkin bisa terjadi kapan saja selama 24/7. Dengan menawarkan harga kompetitif, VTI berkomitmen agar Anda bisa mengurangi anggaran IT dengan efisien sambil meningkatkan produktivitas. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi laman Ruckus di tautan berikut, atau juga bisa langsung menghubungi marketing@virtusindonesia.com.

List News

Any information needed, you can contact our team at:

PT. Virtus Technology Indonesia
(a Member of CTI Group)
Centennial Tower 12th Floor
Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 24-25
Jakarta, 12930, Indonesia
Phone: +6221 80622288
Fax: +6221 80622289
Email: marketing@virtusindonesia.com

Branch Office:
Graha SA, 8th Floor
Jl. Raya Gubeng 19-21
Surabaya, 60281, Indonesia

SUPPORT

Live Chat

Contact