Home > News > Saatnya Ciptakan Pengelolaan Data yang Mudah dan Aman Bagi Bisnis Anda dengan SynXchro

Saatnya Ciptakan Pengelolaan Data yang Mudah dan Aman Bagi Bisnis Anda dengan SynXchro

Data is the new oil. Begitu kiranya kalimat ini menjadi salah satu jargon yang santer terdengar di industri teknologi selama beberapa tahun terakhir. Seperti yang diucapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi), data adalah jenis kekayaan baru yang nilainya lebih berharga dari minyak dan bahkan menjadi kunci pembangunan ekonomi digital di Tanah Air.

Tak heran jika setiap perusahaan sangat bergantung dengan data yang mereka miliki, karena sumber data akan selalu digunakan untuk berbagai kebutuhan penting, seperti melakukan pengambilan keputusan serta mengoptimalkan operasional.

Namun demikian, data adalah entitas yang tidak bisa dihitung atau dikendalikan dengan mudah. Masih sedikit bisnis yang sadar akan kepentingan terkait pengelolaan data. Dibutuhkan manajemen pengelolaan data yang optimal untuk membantu bisnis mencapai target mereka dengan baik.

Hal ini pun dialami oleh banyak perusahaan yang memiliki sejumlah kantor cabang di beberapa lokasi, di mana mereka kesulitan mengelola data dengan jumlah masif dan tidak mampu melakukan sinkronisasi dengan efektif. Untuk bisa mengatasi hal tersebut, bisnis perlu menciptakan manajemen pengelolaan data yang mudah, cepat, dan aman. Dalam hal ini, mereka bisa memanfaatkan solusi pengelolan data SynXchro dari Virtus Technology Indonesia (VTI). Namun sebelum beranjak ke solusi tersebut, simak kiat-kiat yang perlu dilakukan dalam menciptakan pengelolaan data yang baik berikut ini.

 

Apa Tujuan dari Pengelolaan Data?

Seperti yang sudah dijelaskan, pengelolaan data akan membantu bisnis untuk melakukan pengambilan keputusan, baik itu keputusan yang diambil berdasarkan harian atau keputusan strategis. Lengkapnya, simak tujuan pengelolaan data berikut ini.

Pengambilan Keputusan yang Lebih Objektif

Pengelolaan data akan membantu sistem informasi manajemen menjadi objektif karena telah berbasiskan data yang sudah dikelola. Hasilnya, keputusan yang dibuat tanpa didasari landasan yang tepat tak akan digunakan begitu saja, karena kemungkinan bisa jadi berdampak fatal.

Lebih Banyak Inovasi

Bisnis akan memiliki lebih banyak inovasi yang sesuai dengan keinginan pasar berkat pengelolaan data yang efektif. Dengan demikian, kepercayaan pelanggan akan meningkat.

Operasional Makin Efisien

Bisnis akan lebih menghemat waktu operasional dengan pengelolaan data yang baik. Data yang tersinkronisasi juga akan membantu mereka membuat berbagai macam laporan dan analitik dengan cepat.

Cara Mengelola Data dengan Efektif

Ada cara yang bisa dilakukan bisnis untuk mengelola data secara optimal, sehingga mereka bisa mencapai target sesuai yang telah direncanakan. Salah satunya seperti bisnis yang perlu konsisten menjalankan strategi dengan displin dalam bekerja dan mengelola data. Dengan demikian, tujuan utama dari bisnis akan lebih terarah, dan peningkatan kualitas akan didapatkan seiring berjalannya waktu.

 

Tips Melakukan Pengelolaan Data

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan bisnis dalam mengelola data untuk menciptakan pengolahan data yang efektif. Simak penjabarannya berikut ini.

1.Ciptakan Kebijakan Internal

Anda perlu menciptakan kebijakan internal untuk memastikan pengelolaan data berjalan dengan baik dan aman, seperti memastikan keamanan data jika data tersebut sensitif dan siapa saja yang mengakses data.

2.Pastikan Ruang Penyimpanan Data Cukup

Hitung kembali berapa banyak kebutuhan ruang penyimpanan data, dan Anda perlu memperhatikan manajemen disaster recovery, fitur keamanan, aksesibilitas, dan biaya saat memilih ruang penyimpanan yang baik.

3.Backup Secara Rutin

Lakukan backup data secara rutin, dan Anda dapat melakukan hal tersebut dengan membangun ruang penyimpanan lebih dari satu via layanan cloud untuk menghindari data yang hilang akibat bencana atau kejadian lainnya.

4.Lakukan Enkripsi

Lakukan enkripsi dengan komposisi dari deretan angka dan huruf yang berbeda satu dengan yang lain, seperti di Digital Object Identifier (DOI), Archival Resource Key (ARK), maupun URL dan PURL. Anda juga bisa memungkinkan akses data dengan mengaktifkan identitas digital seperti tanda tangan digital atau face recognition.

5.Manfaatkan Platform Sinkronisasi Data

Manfaatkan platform yang mampu melakukan pengelolaan serta sinkronisasi data untuk melakukan pengelohan data yang lebih, cepat, aman, efektif dan efisien, sehingga bisnis dapat melakukan konsolidasi, distribusi, dan integrasi data dengan mudah.

 

SynXchro, Solusi Pengelolaan Data Terbaik untuk Bisnis Anda

Saatnya ciptakan pengelolaan data yang mudah bagi bisnis Anda dengan solusi terbaru dari Virtus, yakni SynXchro. Apa saja solusi-solusi yang ditawarkan?

 

SynXChro DSP

Solusi Data Synchronization Platform (synXchro-DSP) menjadi program aplikasi yang menyediakan fungsi sinkronisasi data terbaik bagi bisnis Anda.

SynXchro DSP dilengkapi berbagai fitur untuk menunjang sinkronisasi data, seperti Koneksi Antar Database, Scripting Data Crawler, Multisites Transfer dan Transformasi, WAN Optimization, Keamanan Data Optimal, Secure Client Access, Transfer dan Distribusi Client to Client, Pusat Pengaturan dan Monitoring, Proses Data Definition/Data Manipulation Paralel, serta mampu berjalan di berbagai Sistem Operasi.

Tak cuma itu, untuk mengatasi kebutuhan pengaksesan data antara kantor pusat dan kantor cabang, SynXchro juga dilengkapi dua solusi lain seperti SynXchro API Management Platform dan Document Management Platform.

 

SynXchro AMP

SynXchro API Management Platform (synXchro-AMP) menjadi program aplikasi yang menyediakan fungsi penyediaan dan pengaksesan API/Web Service secara mudah, cepat, aman, efektif dan efisien untuk kebutuhan integrasi dan interoperabilitas sistem. Dalam menyediakan API/Web Service, synXchro-AMP juga dapat mengakses sumber dan target data melalui WAN/LAN.

Adapun SynXchro dilengkapi sejumlah fitur seperti Simple API, Koneksi Multi Database, Remote Access Database yang Aman, Agent Database, API/Web Service, Notifikasi Kejadian, API Security, Pembatasan Request, Fleksibilitas Sumber Data, dan masih banyak lagi.

 

SynXchro DMP

SynXchro Document Management Platform (DMP) adalah aplikasi pengelolaan dokumen yang dapat dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda dan bisa berintegrasi dengan sistem informasi lainnya.

DMP terdiri dari sejumlah komponen, seperti Document Administration yang mampu menyiapkan dokumen untuk disiapkan dan dipilah lewat proses identifikasi, Document Capture yang memindai dokumen secara OCR/OMR/ICR serta meningkatkan kualitas dokumen berupa gambar, Document Workflow yang meninjau serta menyetujui dokumen sebelum disimpan di dalam database, dan Document Archiving yang berfungsi untuk menyimpan, merawat, menghapus, mencari, dokumen.

 

Dapatkan SynXchro dari Virtus

Inilah saat yang tepat bagi bisnis Anda untuk menciptakan pengelolaan data terbaik dengan solusi SynXchro. Ketiga solusi SynXchro di atas, bisa langsung Anda dapatkan dari VTI. Untuk informasi lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi kami lewat email synxchro@virtusindonesia.com.

 

Penulis: Jeko Iqbal Reza

Content Writer CTI Group

List News

Any information needed, you can contact our team at:

PT. Virtus Technology Indonesia
(a Member of CTI Group)
Centennial Tower 12th Floor
Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 24-25
Jakarta, 12930, Indonesia
Phone: +6221 80622288
Fax: +6221 80622289
Email: marketing@virtusindonesia.com

Branch Office:
Graha SA, 8th Floor
Jl. Raya Gubeng 19-21
Surabaya, 60281, Indonesia

SUPPORT

Live Chat

Contact